FANDOM

Artikel ini adalah tentang serial ke-3 di Serial Metal Heroes.
Uchuu Keiji Shaider
Shaider logo
Musim 3
Nomor episod 49
Episod pertama Dunia Aneh
Episod terakhir Tiga Kepala Polisi Daerah Angkasa - Gavan, Sharivan, Shaider Besar Mengumpulkan!
Intro Space Sheriff Shaider (tema)
Diadaptasi menjadi VR Troopers
Menjalankan asli 2 Maret 1984 - 8 Maret 1985
Produser Toei
Kronologikal
Sebelumnya
Uchuu Keiji Sharivan
Selanjutnya
Kyojuu Tokusou Juspion

Uchuu Keiji Shaider (宇宙刑事シャイダー Uchū Keiji Shaidā) (Inggris: Space Sheriff Shaider) adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Shaider adalah seri ketiga Metal Hero sekaligus bagian terakhir dari trilogi Space Sheriff. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 2 Maret 1984 hingga 8 Maret 1985.

Panjangnya Shaider adalah juga kegunaan pada musim kedua di VR Troopers dari Saban Entertainment. Serial ini adalah juga menerima "sekuel" pada program televisi di Filipina, Zaido: Pulis Pangkalawakan.

PlotSunting

Di perguruan tinggi, ahli arkeologi Dai Sawamura berhasil mengungkap teka-teki Lembah Nazca di Peru. Terkesan atas keberhasilan tersebut, Galactic Union Police merekrut Sawamura untuk dididik sebagai Space Sheriff bumi yang ketiga. Sebagai Space Sheriff, ia diberi nama Shaider. Nama tersebut diambil dari nama seorang ksatria kuno yang menaklukkan Fuuma dan meruntuhkan Kekaisaran Mu 12.000 tahun lampau.

KarakterSunting

Valvios KruSunting

Space Sheriff Shaider Dai SawamuraShu Karasuma

Galactic Union PatrolSunting

BumiSunting

Fushigi Dunia FuumaSunting

Binatang FushigiSunting

Penjahat lain-lainSunting

EpisodSunting

Shaider Episod

FilmSunting

  • Uchuu Keiji Shaider (宇宙刑事シャイダー, Uchū Keiji Shaidā, 7/14/84) (Terjadi antara episod 19 & 20)
  • Pengejaran! Penculik Aneh! (追跡! しぎしぎ誘拐団 Shikisiki! Shingi-Shingi Yukaidan, 12/22/84) (Terjadi antara episod 39 & 40)

PemeranSunting

LaguSunting

Lagu pembukaSunting

Lagu penutupSunting

Di Negara LainSunting

Uchuu Keiji Shaider dirilis di Filipina sebagai Shaider di pertengahan 1980-an, di mana ia menjadi tokusatsu acara pertama yang dijuluki dalam bahasa Tagalog. Untuk menjuluki Tagalog, Dai Sawamura berganti nama Alexis, The Strange Dimensi dikenal sebagai Time-Space Warp, & mereka bahkan menyebut Shaider a "Pulis Pangkalawakan" (Space Cop). Pada tahun 2007, GMA Network akan menghasilkan serangkaian sekuel longgar dengan Zaido: Pulis Pangkalawakan. Itu bertemu dengan dicampur penerimaan dari fans. Ini juga dirilis di Perancis pada 1980-an sebagai Capitaine Sheider (Kapten Sheider) dan 3 episode pertama ditayangkan oleh TF1, namun seri tidak mencapai keberhasilan yang sama seperti Gyaban.

Video GameSunting

Sebuah video game berdasarkan serial TV, The Space Sheriff Spirits, dirilis untuk PlayStation 2 sistem pada 25 Mei tahun 2006 oleh Bandai Namco. Produk ini dibuat tersedia di Jepang, Hong Kong dan Taiwan. Para aktor untuk Gavan dan Sharivan reprised peran mereka, tapi Hiroshi Tsuburaya meninggal sebelum pertandingan dikembangkan.

Icon-gavan
Gavan  • Sharivan  • Shaider  • Juspion  • Spielban  • Metalder  • Jiraiya  • Jiban  • Winspector  • Solbrain  • Exceedraft  • Janperson  • Blue SWAT  • B-Fighter  • Kabuto  • Kabutack  • Robotack